Sunday, July 30, 2017

KATALOG PERPUSTAKAAN RIWAYATMU KINI


  Dalam perjalanan sejarah, katalog perpustakaan telah mengalami perkembangan dan perubahan seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan perubahan perilaku para pengguna yang hidup di era serba klik. Perubahan tersebut terjadi dari katalog yang pada awalnya berbentuk buku, kartu hingga OPAC (online public access catalog). Hal ini menunjukkan bahwa sesungguhnya katalog perpustakaan dari waktu ke waktu terus menyesuaikan diri dengan setiap perkembangan yang terjadi terutama berkaitan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Di samping itu, setiap perubahan atau inovasi yang terjadi pada katalog perpustakaan juga dimaksudkan untuk memberi kemudahan kepada pengguna dalam menggunakannya untuk menelusur bahan pustaka yang dibutuhkan di perpustakaan.

Ditahun 2000 belasan ini terjadi lompatan yang sangat jauh dalam hal pengelolaan perpustakaan dengan hadirnya aplikasi otomasi perpustakaan yang open source (Slims dan Inlislite) kedua aplikasi ini seolah berlomba untuk menjadi yang terbaik dan hal ini sangat menguntungkan bagi pekerja perpustakaan untuk mengelola perpustakaan, Jadi ironis jika kita masih menggunakan katalog manual apalagi saat ini generasi digital tidak lagi mau menyentuh kartu dalam box hanya untuk mencari informasi.
Artikel untuk diketahui pendatang baru pembina perpustakaan agar dalam pelaksanaan tupoksinya tidak ditertawai dunia .  .


0 comments:

Post a Comment