Friday, December 30, 2016

Perpusda Kab. Gorontalo Membangun SIM-Perpus Perguruan Tinggi

Menerima Penghargaan dari Rektor IAIN
pada peluncuran Otomasi SIM-Perpus 
(Limboto17/4/2015)
Perpustakaan Daerah merupakan perpustakaan pembina dan fungsi itu dapat kami lakukan karena ketersedian SDM. Kamipun dapat membina dan membangun SIM-Perpus Perguruan Tinggi yaitu IAIN, UG, Poltekes bahkan diberi kepercayaan sebagai desainer Smart Card (Kartu Perpustakaan Bersama) yang digagas oleh FPPTI (Ferum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) Perov. Gorontalo yang berpusat di Universitas Negeri  Gorontalo.
 Perpustakaan adalah jantungnya Perguruan Tinggi, demikian jargon yang kerap kita dengar. Sebagai jantung, perpustakaan berperan memompa darah segar bagi proses pembelajaran yang kondusif dan berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika jantung sehat dan berfungsi dengan normal dan baik maka organ lain diharapkan berfungsi baik pula. Kita dapat menjawab dengan mudah pertanyaan: Apa yang kita harapkan jika jantung sudah tidak berfungsi dengan baik? Kematian. Kematian yang berkonotasi tidak berfungsinya peran-peran pendidikan dan pembelajaran dalam suatu lembaga.
   Terlebih dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini, di mana salah satu poin pentingnya adalah bahwa ruang kuliah bukanlah satu-satunya tempat pembelajaran. Dalam konteks ini, perpustakaan PT memegang peran penting dalam proses perkuliahan dan pemerolehan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa. Untuk itulah, perlu menyiapkan konsep dan mewujudkan suatu perpustakaan yang ideal dalam rangka membentuk generasi yang memiliki daya saing.       
Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2014 tentang “Pelaksanaan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan” dalam pasal Pasal 85 ayat (c) Bahwa Setiap perguruan tinggi berkewajiban untuk mengembangkan layanan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi; Tujuan Kegiatan ini adalah Mempercepat pencapaian “Program Kabupaten Cerdas 2015” dimana salah satu indikatornya adalah penerapan e-learning dan e-administrasion di wilayah Kabupaten Gorontalo dan Memenuhi standar pengelolaan perpustakaan, serta  realisasi Program kerja Perpusda dan Perpustakaan PT. 
Ruang lingkup SIM-Perpus adalah seluruh administrasi Perpustakaan sudah tertuang dalam Sistim Komputer meliputi :
-      Peminjaman  dan pengembalian buku perpustakaan seperti belanja di toko/ super market (tinggal klik-kilk pakai barcode).
-      Pengawasan terhadap koleksi buku mudah semua tertuang dalam laporan sistim.
Menerima Penghargaan dari RektorIAIN
-      Mudah menemukan buku atau subyek yang dicari diperpustakaan
-      Kartu Perpustakaan sudah tersedia secara otomatis dan dapat di integrasikan dengan Kartu Siswa 
-      Penyelenggaraan “Program pengembangan minat baca disekolah” akan terpasilitasi oleh sistim ini
-    Mendapat pelatihan dan pendampingan secara gratis berkelanjutan dari kantor Perpustakaan Kab. Gorontalo
       Pekerjaan yang dilaksanakan meliputi:
1)  Instalasi Sistim Otomasi Perpustakaan
2)  Pembangunan jaringan
3)  Pelatihan pengelolaan koleksi
ü Entri buku
ü Membuat Klasifikasi
ü Membuat Label Buku
ü Membuat Kartu Buku
ü Membuat Kartu Katalog
ü Membuat bercobe
4)  Desain dan Instalasi Aplikasi Pendaftaran Anggota Perpustakaan Secara Online
5)  Desain dan Instalasi Aplikasi SMS Gateway
6)  Entry Anggota dan Membuat Kartu Anggota
         Upaya yang kami laksanakan mendapat apresiasi dari para rektor, dengan harapan kerjasama berjalan lebih optimal di waktu yang akan datang.

0 comments:

Post a Comment